PELAKU EKONOMI
UMKM
USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH
PENGARUH PENJUALAN DAN PROMOSI DI PT. FAST FOOD
NAMA : M. FIZA P.
NPM : 30208758
KELAS : 2 DD 03
MATA KULIAH : Ekonomi Pembangunan
ANGKATAN : 2008
UNIVERSITAS GUNADARMA
2009
DAFTAR ISI
Halaman
Daftar Isi …………………………………………………………………… i
Kata Pengantar ……………………………………………………………... ii
BAB I ASPEK KELEMBAGAAN
1.1 Sejarah Singkat Perusahaan .....……………………………… 1
1.2 Struktur Organisasi Perusahaan ...…………………………… 2
1.3Gambar Struktur Perusahaan…………………………………. 3
1.4 Tingkatan Struktur Organisasi ………………………………. 4
1.5 Struktur Organisasi ………………………………………….. 5
1.6 Struktur Organisasi ………………………………………….. 6
BAB II ASPEK USAHA PERUSAHAAN
2.1 Kebijaksanaan Promosi…….……………………………….. 7-8
2.2 Bidang Usaha Perusahaan …………………………………… 8
2.3 Spesifikasi Produk
2.4 Laporan Laba Rugi …………………………………… 10
BAB IV SIMPULAN DAN SARAN
4.1 KeSimpulan ………………………………………………….. 11
4.2 Saran ……………………………………………………… 12
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan nikmat iman, sehat dan nikmat islam sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas penyusunan laporan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang dimaksudkan untuk memenuhi tugas dalam mata kuliah ekonomi pembangunan.
Dalam penyusunan laporan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ini penulis mendapat bimbingan, dan bantuan dari berbagai pihak sehingga penulisan laporan Usaha Mikro Kecil Menengah ini dapat terselesaikan dengan baik.
Penulis menyadari menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan penulisan laporan Usaha Mikro Kecil Menengah ini masih jauh dari sempurna dan masih banyak kekurangannya, untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran dari semua pihak yang sifatnya membangun, agar dalam penyusunan laporan berikutnya akan dapat lebih baik.
Akhir kata dan harapan penulis semoga penyusunan laporan Usaha Mikro Kecil Menengah ini dapat bermanfaaat bagi seluruh pihak yang membaca dan bagi para mahasiswa pada khususnya.
Bekasi, November 2009
Penulis
M. FIZA
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Sejarah Singkat Perusahaan
Pada tahun 1979, hak Franchise Kentucky Fried Chicken di Indonesia diberikan oleh pemilik Kentucky Fried Chicken saat itu yaitu Heublein, inc kepada PT. Gelael Supermarket. Untuk lebih mengkonsentrasikan pada industri Fast Food, pada tahun 1978, pemilik PT. Gelael Supermarket mendirikan PT. Fast Food Indonesia dan sekaligus mengalihkan hak Franchise Kentucky Fried Chicken di Indonesia kepada perseroan.
Perseroan tersebut didirikan berdasarkan Akta No. 20 tanggal 19 Juni 1979 yang dibuat dihadapan Sri Rahayu, Notaris Jakarta. Akte tersebut telah mendapat persetujuan dari Mentri Kehakiman Republik
PT. Fast Food
Pada bulan Maret 1990, Perseroan membuka restoran Kentucky Fried Chicken pertama di jalan Melawai Raya 84-85 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Keberhasilan Restoran Kentucky Fried Chicken pertama ini segera diikkuti dengan pembukaan restoran-restoran Kentucky Fried Chicken lainnya di
1.2 Struktur Organisasi Perusahaan
Kebijaksanaan Kepegawaian PT. FAST FOOD
PT. FAST FOOD
Struktur organisasi PT. FAST FOOD
Struktur Organisasi perusahaan PT. FAST FOOD
Dewan komisaris terdiri dari empat orang anggota yang terdiri atas satu orang komisaris utama dan tiga orang komisaris. Dewan Komisaris diangkat oleh Rapat Umum Pemegang Saham dengan tugas utama mengawasi pengurusan perseroan oleh “Direksi”.
Apabila “Direksi” ternyata melakukan tindakan-tindakan yang bertentangan dengan melalaikan kewajibannya, maka Dewan Komisaris dapat memanggil Rapat Umum Pemegang Saham untuk memutuskan apakah Direksi diberhentikan atau tidak.
Pimpinan tertinggi dalam PT. FAST FOOD
Adapun tingkatan tersebut sebagai berikut :
1. General Manager
Fungsi Utama General Manager adalah :
Mengkoordinir seluruh kegiatan para manager untuk mencapai tujuan perusahaan. Dalam melaksanakan tugasnya General Manager membawahi 5 Divisi diantaranya yaitu :
a. Marketing Manager
Fungsi utama Marketing Manager adalah :
Bertanggung jawab kepada General Manager, mengkoordinir serta bertanggung jawab atas seluruh kegiatan pengelolaan pasar dan restoran yang ada dalam pendapatan Sales Budget
b. Quality Assurance Manager
Fungsi utama Assurance Manager adalah :
Bertanggung jawab kepada General Manager, mengawasi mutu yang di hasilkan oleh perusahaan tersebut
c. Project Development Manager
Bertanggung jawab kepada General Manager, mengkoordinir tugas semua bawahan , merencanakan, dan menentukan strategi produksi dan mengatur sera mengawasi mekanisme efisiensi kerja atas dasar budget dan program kerja.
d. Assisten General Manager Operations
Assisten General Manager Operations bertanggung jawab kepada General Manager dan membawahi :
1) Regional Manager I
2) Regional Manager II
3) Regional Manager III
4) Training Manager
5) Logistic Manager
- Regional Manager I
Mengawasi, mengkoordinir serta bertanggung jawa atas seluruh kegiatan di daerah Pulau Jawa.
- Regional Manager II
P. Sumatera
- Regional Manager III
P. Kalimantan dan P. Sulawesi
- Training Manager
Mengawasi dan mengkoordinir jalannya pelatihan bagi karyawan
- Logistic Manager
e. Assisten General Manager Administration
Assisten General Manager Administration bertanggung jawab kepada General Manager dan membawahi :
1) Finance Manager
2) Accounting dan Mis Manager
3) Purchasing Manager
4) HRD dan GA Manager
a) Finance Manager
Bertanggung jawab atas penggunaan dana serta mengawasinya, bertanggung jawab terhadap tertib administrasi yang berkaitan dengan system dan prosedur akuntansi.
b) Accounting dan Mis Manager
Membuat laporan informasi ekonomi mengenai posisi perusahaan kepada pihak yang berkepentingan seperti kepada manager, pihak Bank, Pemerintah.
c) Purchasing Manager
Bertanggung jawab atas pembelian barang-barang yang dibutuhkan oleh perusahaan jangka pendek maupun jangka panjang.
d) HRD dan GA Manager
Bertanggung jawab terhadap penyediaan tenaga kerja, pengembangan karier dan kesejahteraan karyawan.
Bertanggung jawab atas barang-barang perusahan yang dibutuhkan.
BAB II
ASPEK USAHA PERUSAHAAN
2.1 Kebijaksanaan Promosi
Sebelum melaksanakan kegiatan promosi PT. FAST FOOD INDONESIA mengadakan suatu perencanaan promosi terlebih dahulu, agar hasil yang dicapai adalah sesuai dengan yang diinginkan:
a. Identifikasi Sasaran
Sasaran PT. FAST FOOD
b. Menentukan Pameran Promosi
Dalam menentukan bauran promosi, perusahaan harus menetukan bauran promosi yang akan digunakan dlam menyampaikan pesan. Penetuan bauran/cakupan promosi ini disesuaikan dengan jenis produk yang dihasilkan, serta tahap daur hidup produk. Bauran promosi yang digunakan adalah:
1. Advertasing (periklanan).
Meliputi, Surat Kabar, Televisi, Kalender, Papan Reklame
2. Sales Promotion
a. Consumer Promotion
b. Trade Promotion
3. Publicity (publisitas).
Perusahaan dengan mengadakan kegiatan ini banyak ditempuh oleh hubungan dengan wartawan, pejabat pemerintah, pimpinan-pimpinan perusahaan yang berkaitan dengan produk perusahaan. Bentuk kegiatan publisitas lainnya adalah berupa partisipasi aktif perusahaan dalam rangka pemakain produksi dalam negeri dan sumbangan-sumbangan ocial perusahaan kepada masyarakat.
c. Menyusun Anggaran Promosi
Setelah perusahaan menyeleksi saluran komunikasi, maka perusahaan akan memperkirakan berapa biaya yang diperlukan untuk kegiatan promosi tersebut. Besarnya biaya disesuaikan dengan sumber dana yang tersedia di dalam perusahaan.
d. Mengukur Hasil Promosi
Perusahaan ini tidak mempunyai alat khusus yang disediakan untuk mengukur hasil promosi yang telah dilaksanakan. Perusahaan hanya menilai hasil promosi yang telah dilaksanakan dengan melihat hasil penjualan /tahun.
e. Mengelola dan Mengkoordinasi Proses Komunikasi Pemasaran.
Dalam mengelola dan mengkoordinasi proses komunikasi, perusahaan membentuk satu tim manajemen agar komunikasi pemasaran yang terkoordidir akan lebih konsisten. Dalam bentuk manajemen ini, masing-masing department dipimpin oleh manajer dan masing-masing menajer dipimpin oleh general manajer
2.2 Bidang Usaha Perusahaan
Dewasa ini perkembangan dunia usaha mengalami kemajuan yag sangat pesat sekali, banyak dijumpai perusahan-perusahan yang bergerak diberbagai bidang usaha sepeti : Pertanian, Bank, Pabrik, Garment dan banyak lagi yang lainnya.
Bidang usaha yang berbeda itu membutuhkan strategi pemasaran, jenis produk, daerah pemasaran yang berbeda satu dengan yang lainnya. Tetapi pada hakekatnya semua jenis usaha tersebut mempunyai tujuan yang sama yaitu memenuhi kebutuhan konsumen dan mendapatkan laba.
PT. FAST FOOD INDONESIA adalah Perseroan yang bergerak dibidang Restoran dan Industri pendukungnya.
Agar pembahasan selanjutnya dipahami, ada baiknya terlebih dahulu diketahui mengenai spesifikasi Produk Kentucky Fried Chicken yang dipasarkan, sebagaimana disajikan dalam table 1 berikut :
Tabel 3.4
LAPORAN LABA RUGI PT. FAST FOOD
PER PERIODE (Desember)
Pendapatan dari penjualan | | |
Penjualan (Rp. 7.600.000 X 26) | 197.600.000 | |
Pembelian (Rp. 485.300 X 26) | (12.617.800) | |
Laba Kotor | | 184.982.200 |
Biaya Usaha | | |
Upah gaji (Rp. 15.000 X 3) X 26 | 1.170.000 | |
Biaya listrik (Rp. 4.900 X 26) | 127.400 | |
Biaya Plastik (Rp. 20.000 X 26) | 520.000 | |
Biaya Transportasi (Rp. 10.000 X 26) | 260.000 | |
Biaya Penyusutan (Peralatan & kendaraan) (Rp. 10.000 X 26) | 260.000 | |
Biaya bahan bakar (Gas) (Rp. 10.000 X 26) | 260.000 | |
Biaya Retribusi (Rp. 5.000 X 26) | 130.000 | |
Total Biaya Usaha | | (2.727.400) |
Laba Bersih/Bulan | | 182.254.800 |
Sumber : Data diolah oleh penulis
Dari hasil perhitungan yang penulis lakukan tentang laporan laba rugi Sipud Cake untuk penjualan per hari dan per minggu dapat diketahui berapa laba yang diperoleh oleh PT. FAST FOOD
BAB VI
KESIMPULAN DAN SARAN
4.1 Kesimpulan
Dari pembahasan dan uraian-uraian yang telah dikemukakan baik secara teoristis maupun pelaksanaannya pada PT. FAST FOOD
1. PT. FAST FOOD INDONESIA adalah perusahan yang bergerak dalam bidang makanan siap saji, didirikan berdasarkan Akte Notaris Sri Rahayu, Nomor 20 tertanggal 19 Juni 1979 yang bergerak dibidang jasa makanan yang berkedudukan di Jakarta.
2. Keberhasilan dari produk yang dihasilkan PT. FAST FOOD INDONESIA dalam merebut konsumen/calon pembelinya tentunya ditunjang dengan kegiatan promosi yang dilaksanakan. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya hasil penjualan dari tahun ke tahun. Dimana dalam melaksanakan kegiatan promosinya ini perusahaan menggunakan empat sarana promosi yaitu periklanan, penjualan pribadi, promosi penjualan, publisitas dan pemasaran langsung.
3. Hubungan atau pengaruh biaya promosi atau kegiatan promosi yang dilakukan oleh perusahaan mempunyai hubungan atau pengaruh yang positif yang berarti kenaikan biaya promosi pada umumnya selalu diikuti dengan kenaikan hasil penjualan. Jadi kegiatan promosi yang dilakukan oleh PT. FAST FOOD
4.2 Saran
Dari kesimpulan yang dikemukakan, selanjutnya penulis bermaksudb memberikan saran-saran yang dapat bermanfaat bagi perusahaan, baik di masa sekarang maupun di masa yang akan datang. Beberapa saran yang dikemukakan penulis adalah sebagai berikut.
1. Mengimngat persaingan diantara perusahaan produk makanan pada masa sekarang ini semakin ketat, hendakya PT. FAST FOOD INDONESIA dalam memasarkan produknya harus tetap menjaga kepercayaan masyarakat dan mengutamakan konsumen/calon pembeli sebagai orang yang istimewa dengan memberikan pelayanan yang ramah serta menyenangkan.
2. Promosi penjualan yang dilakukan oleh perusahaan yaitu berupa pemberian hadiah seperti pulpen, topi, mainan anak-anak, dan bola basket hendaknya ditukar dengan hadiah lain yang lebih menarik agar para konsumen atau pembeli tidak merasa bosan dengan alat promosi tersebut. Ini tentunya akan mendorong pembelian ulang bagi konsumen lama dan konsumen baru diharapkan akan tertarik untuk membeli prodk yang ditawarkan oleh perusahaan dan dengan demikian penjualan dapat meningkat.
3. Melihat kenyataan bahwa ada hubungan yang erat antara kenaikan biaya promosi yang selalu diikuti dengan kenaikan hasil penjualan, maka sebaiknya promosi yangtelah dilakukan perusahaan selama ini hendaknya telah ditingkatkan atau diintensifkan lagi.
4. Perlu dibuka kembali beberapa kantor cabang di daerah-daerah strategis agar lebih mudah bagi konsumen yang menginginkan produk dari PT. FAST FOOD
pagi gan,, masih aktif ga blognya ini?
BalasHapusbdw saya boleh minta gambara struktur organisasinya? cs diatas gambarnya rusak.
The best casino for the South and South
BalasHapusYou may think you've heard the phrase 바카라노하우 South 벳 인포 승무패 계산기 African casino but no matter where you are, 검증사이트목록 we have 바카라양방배팅 the best 실시간배팅 casino games in South Africa. Learn more.